Cara dan Biaya Perpanjangan SIM di SIM Outlet BTC Pasteur Bandung

Catatan : Tulisan ini dibuat bulan Februari 2019. Kondisi dan prosedur saat Anda membaca tulisan ini bisa berbeda. Dari beberapa info yang saya baca, ada pembatasan nomor antrean (50-100 per hari). Jadi, usahakan datang pagi-pagi. Tempat perpanjangan SIM di Outlet BTC masih berada di lantai dasar. Hanya tempatnya pindah ke ruangan paling pojok di samping Griya. Update selalu jadwal buka/tutup tempat perpanjangan SIM di instagram.com/simrestabesbdg1.

Ada yang berulang tahun dalam waktu dekat ini? Coba sekalian diperiksa isi dompetnya. Jangan-jangan SIMnya juga habis tahun ini? Sebelum menyesal di kemudian hari, ayo segera perpanjang SIMnya. Karena jika masa berlaku SIM sudah terlewat (WALAUPUN TELAT HANYA 1 HARI), maka kita sudah tidak bisa melakukan perpanjangan dan harus mengajukan pembuatan SIM baru sesuai aturan yang berlaku. Perpanjang SIM sekarang gampang koq. Tempat perpanjangannya juga relatif lebih banyak tersebar di beberapa wilayah kota. Kalau di Kota Bandung, salah satu tempat perpanjangan SIM adalah di SIM Outlet BTC Pasteur Bandung.

Yang harus dilakukan sebelum perpanjangan SIM…

Yang pertama kali harus kamu lakukan sebelum perpanjang SIM adalah : Periksa masa berlaku SIM. Yup. Ini merupakan hal terpenting yang harus kamu ketahui sebelum melakukan perpanjangan SIM.

Gampangnya sih, tanggal dan bulan masa berlaku SIM habis berbarengan dengan ulang tahun kita sendiri, berulang setiap 5 tahun sejak SIM terakhir diperbarui.

Masa berlaku SIM masih lama bukan berarti kamu boleh berleha-leha. Apalagi kalau sudah masuk hitungan bulan, minggu, dan hari. Jangan dinanti-nanti lagi. Segera putuskan untuk secepatnya melakukan perpanjangan SIM.

Ingat! Jika masa berlaku SIM sudah terlewat (WALAUPUN TELAT HANYA 1 HARI), maka kita sudah tidak bisa melakukan perpanjangan dan harus mengajukan pembuatan SIM baru sesuai aturan yang berlaku.

Daripada harus membuat SIM baru, lebih baik luangkan waktu sebentar saja untuk perpanjangan SIM. Iya, kan?

Memangnya mulai kapan perpanjangan SIM bisa dilakukan?

Kalau saya baca-baca di beberapa berita sih, katanya SIM sudah bisa diperpanjang bahkan sejak setahun sebelum masa berlaku habis.

Berita tentang waktu perpanjangan SIM

Jadi, kalau SIM kamu habis 12 Maret 2020 nanti dan kamu berencana untuk pergi ke luar negeri, sebenarnya kamu sudah bisa perpanjang SIM dari sekarang.

Tapi kalau kamu belum ada niat berpergian ke luar negeri dalam waktu dekat, lebih baik tunda dulu perpanjangan SIMnya sampai awal tahun 2020 nanti. Karena kalau diperpanjang sekarang, SIM baru kamu akan habis pada tanggal 12 Maret 2024. Sayang kan ya… masa berlakunya jadi berkurang 1 tahun.

Kalau mau ke luar kota dalam waktu yang cukup lama gimana donk?

Santai, perpanjangan SIM sekarang sudah online. Jadi kamu gak perlu pulang kampung demi perpanjang SIM. Kamu bisa perpanjang di mana saja selama kota yang kamu singgahi memiliki layanan SIM Online.

Saya juga sempat membaca kalau perpanjangan SIM sebaiknya dilakukan tidak lebih dari 3 bulan sebelum masa habis berlaku sampai maksimal hari H. Ada juga tempat perpanjangan SIM yang menerapkan aturan perpanjangan SIM minimal 14 hari sebelum masa berlaku habis. Jika lebih dari itu, biasanya ditolak. Bisa jadi ini terjadi karena ketersediaan blanko yang terbatas.

Yang penting sih, jangan mepet-mepet ya. Jaga-jaga siapa tahu ketika kita menunda-nunda perpanjangan SIM sampai hari H masa berlaku habis, tiba-tiba di hari yang sama kita mengalami kendala, atau bahkan tempat perpanjangan SIMnya yang tidak beroperasi. Kalau sudah begitu, masa berlaku SIM sudah benar-benar habis dan kita harus membuat SIM baru yang menurut pengalaman banyak orang memerlukan waktu yang relatif lebih lama.

Hal kedua yang harus kamu perhatikan adalah : Periksa KTP. Karena meskipun sudah bisa perpanjangan SIM Online, beberapa tempat perpanjangan SIM hanya melayani KTP yang dikeluarkan Dinas Kependudukan Kota setempat. Misalnya SIM Outlet BTC Pasteur dan SIM Corner Batununggal yang hanya melayani perpanjangan SIM pemilik KTP wilayah Kota Bandung.

Kalau KTP kamu keluaran Kabupaten Bandung misalnya, meski sama-sama mengandung kata “Bandung”, kamu gak bisa melakukan perpanjangan SIM di SIM Outlet BTC Pasteur.

Kalau KTP dan SIM luar Kota Bandung, dan lagi riweuh gak bisa pulang dulu ke tempat asal, bisa gak Perpanjang SIM nya di Bandung saja?

Bisa banget. Selama KTP kamu sudah berupa eKTP, kamu bisa melakukan perpanjangan SIM di mana saja. Tapi jangan datang ke BTC Pasteur / Batununggal ya.

Untuk pemilik KTP luar kota Bandung, silakan datang ke mobil SIM Keliling Online atau Gerai SIM Online di Festival Citylink.  Pokoknya yang ada tulisan online online gitu, itu berarti melayani perpanjangan SIM A & C seluruh wilayah Indonesia.

Nah, selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah: Periksa tempat dan jadwal perpanjangan SIM.

Ingat! Perpanjangan SIM ini dilakukan di Satpas alias Satuan Penyelenggara Administrasi SIM. Bukan di Samsat ya!

Jadi yang harus kamu periksa adalah jadwal Satpas di kota tempat tinggal kamu.

Untuk yang berada di wilayah kota Bandung, bisa cek jadwal yang dikeluarkan @SIMRestabesbdg di IGnya https://instagram.com/simrestabesbdg1.
Jadwal Perpanjangan SIM selalu update H-1.

 

Tempat perpanjangan SIM mulai buka jam berapa ya?

5 tahun yang lalu sih, SIM Outlet BTC Pasteur buka sampai malam hari. Sekarang ternyata hanya buka sampai jam 3 sore

SIM Outlet BTC Pasteur buka Senin sampai hari Minggu, mulai jam 10 pagi sampai jam 3 sore.

Apa saja sih yang harus dibawa untuk perpanjangan SIM?

Yang harus dibawa saat Perpanjangan SIM adalah:

1. SIM ASLI

2. Fotokopi KTP

3. Uang

Berapa uang yang harus dibawa? 

Berikut rincian biaya perpanjangan SIM di SIM Outlet BTC Pasteur:

1. Pemeriksaan kesehatan : 40 ribu

2. Perpanjang SIM A + Asuransi : 130 ribu

Perpanjang SIM C + Asuransi : 125 ribu

Perpanjang SIM A & C + Asuransi : 225 ribu.

Menurut beberapa berita, asuransi ini sebenarnya tidak wajib. Tapi gak ada salahnya kalau kita ikut membayar asuransi agar lebih tenang. Jangan lupa baca doa dulu sebelum keluar rumah ya!

Kalau lupa gak bawa fotokopi KTP dari rumah gimana?

Biasanya ada sih tempat fotokopi di deket tempat Perpanjangan SIM. Kalau di BTC Pasteur, tempat fotokopi ada tepat di depan pintu masuk SIM Outlet. Harganya kurang tahu sih. Tapi pasti lebih mahal dibanding fotokopi dekat rumah.

Tempat fotokopi di depan SIM Outlet BTC Pasteur Bandung

Oh iya… jangan lupa juga bawa pulpen dari rumah. Soalnya nanti ada formulir Perpanjangan SIM yang harus diisi dan kadang harus antri isi formulirnya gara-gara menunggu pulpen.

Kalau sudah siap semuanya, sekarang persiapan menuju tempat perpanjangan SIM.

Yang harus dilakukan di tempat perpanjangan SIM…

Kalau berdasarkan pengalaman saya sih kemarin saya perpanjang SIM di SIM Outlet BTC Pasteur Bandung.

SIM Outlet letaknya ada di basement BTC Pasteur.

Jangan kaget kalau datang pagi-pagi tapi toko-toko belum buka. Karena SIM Outletnya sendiri memang baru buka jam 10. Meski buka jam 10, antrian dijamin sudah panjang sejak 2 jam sebelumnya.

Begitu sampai ke basement, segera cari ruang pemeriksaan kesehatan. Letaknya ada di belakang SIM Outlet BTC Pasteur.

Antrian pemeriksaan kesehatan di SIM Outlet BTC Pasteur

Di tempat pemeriksaan kesehatan perpanjangan SIM ini, kita diminta menyerahkan SIM Asli dan fotokopi KTP yang nantinya akan dilampirkan bersama Surat Keterangan Dokter.

Di sini bayar 40 ribu ya. SIAPKAN UANG PAS. Karena kebetulan saya tidak membawa uang pas, biaya pemeriksaan kesehatannya jadi 48 ribu. Yang 8 ribu dipake jajan Milk Tea di konter dekat Outlet huhu

Yang diperiksa buat Perpanjangan SIM: Berat badan, tensi, tes buta warna, tes baca, tes pendengaran.

Pemeriksaan kesehatan di SIM Outlet BTC Pasteur

Ini diperiksanya beneran lho, ya. Kalau ada yang tidak lolos, dijamin gak bakal bisa mendapatkan surat keterangan dokter. Pas tes baca saya sempat kerepotan, karena kebetulan kacamata saya baru saja patah. Akhirnya sambil ngantri, tulisan di tembok itu dihafal saja, terutama bagian yang ke 3-4 dari bawah, yang memang sudah tidak terbaca dengan jelas. Maaf ya budok. Saya ke tempat perpanjangan SIM naik Grab koq. Gak bawa mobil sendiri 😂😂😂🙏🙏🙏

Horeee… lolos pemeriksaan kesehatan hehe

Surat Keterangan Dokter tadi kemudian dimasukkan ke dalam kotak yang sudah disediakan di dekat pintu masuk SIM Outlet.

Kotak penyimpanan Surat Keterangan Dokter

Setelah itu silakan menunggu nama kita dipanggil. Jangan khawatir, di depan SIM Outlet disediakan banyak kursi koq. Yang paling penting sih ada wifi gratis haha

Antrian perpanjangan SIM di SIM Outlet BTC Pasteur

Nanti kita dipanggil untuk mengambil formulir perpanjangan SIM. Nunggu panggilannya gak lama koq. Yang dipanggil bisa 5-10 orang sekaligus. Di sinilah saya sadar, mengapa tadi harus lolos pemeriksaan kesehatan pendengaran… Gandeng sih. Jadi kurang terdengar pengumumannya.

Kalau sudah dipanggil, antrian pindah ke dalam ruangan SIM Outlet. Nanti tunggu nama kita dipanggil lagi untuk menerima formulir perpanjangan SIM.

Di sebelah kiri ruangan ada jalur untuk antri. Yang baris paling depan gak boleh melewati garis hitam di lantai, biar gak menghalangi jalan yang mau masuk ruang foto. Baris yang rapi ya, namanya juga mau perpanjangan SIM.

Batas Suci 😂

Setelah semua nama yang dipanggil berbaris, Pak Polisi memberi arahan pengisian formulir Perpanjangan SIM.

CUKUP BAGIAN DEPAN YANG DIISI, BAGIAN BELAKANG DIKOSONGKAN SAJA“, begitu kata Pak Polisi.

Pak Polisi memberi arahan pengisian formulir perpanjangan SIM

Sambil mengambil formulir perpanjangan SIM, kita harus membayar biaya perpanjangan SIM dengan rincian yang sudah saya tulis di atas.

Di tempat isi formulir perpanjangan SIM Outlet BTC Paster ada meja dan pulpen. Kurang lebih ada 8 meja. Kalau yang dipanggil cuma 5 orang sih semua pasti kebagian. Tapi kalau yang dipanggilnya banyakan… baru deh merasa menyesal, kenapa ya tadi gak bawa pulpen dari rumah saja? Hihihi…

Selesai diisi, formulir perpanjangan SIM dimasukkan ke dalam kotak. Di SIM Outlet BTC, kotaknya ada di pojok ruangan isi formulir. Setelah itu, kita menunggu giliran dipanggil lagi.

Kalau sudah tiba giliran buat difoto, nanti akan dipanggil 3-5 orang sekaligus. Antrian pindah ke kursi dekat ruang foto perpanjangan SIM.

Di ruangan ini kita diminta untuk cap jempol, tanda tangan, dan tentu saja difoto. Pak Polisi juga akan membacakan data-data kita sebelum SIM dicetak. Data-data ini bisa kita lihat sendiri di layar monitor.

Kalau ada yang kurang sesuai, tinggal minta revisi. Kalau sudah OK, keluar dari ruangan foto dan tunggu SIM selesai dicetak. Nunggunya boleh di luar, tapi sekali lagi… jangan jauh-jauh. Karena proses cetak perpanjangan SIM ini gak lama. Paling lama 15 menit.

Kalau SIM sudah selesai dicetak, Pak Polisi kembali memanggil nama kita. Dan… alhamdulillah. Perpanjangan SIM pun selesai sudah.

Buat yang sudah mampir ke tulisan ini, tak lupa saya ucapkan : Selamat ulang tahun. Semoga senantiasa dilimpahi keberkahan.

Sampai ketemu di tempat perpanjangan SIM 5 tahun yang akan datang… Insya Allah

Kira-kira… 5 tahun ke depan bakal ketemu lagi sama Aa yang lagi lihatin SIM barunya itu gak ya?

26 thoughts on “Cara dan Biaya Perpanjangan SIM di SIM Outlet BTC Pasteur Bandung”

    1. Di BTC kemarin gak ada nomor antrian sih, Teh. Langsung duduk ikut antrian di pemeriksaan kesehatan. Nanti masukin formulir ke box di depan outlet perpanjangan SIM juga sesuai antrian selesainya pemeriksaan kesehatan. Haturnuhun sudah mampir. Lancar2 perpanjangan SIMnya dan selamat ulang tahun

  1. Terima kasih ulasannya. Benar-benar membantu. Bisakah saya perpanjang sim dari h-7 sebelum hangus? Atau harus minimal h-2? Terima kasih!

    1. Terima kasih sudah berkunjung. Perpanjang SIM sudah bisa dilakukan di H-7, bahkan 1 bulan sebelum habis juga sudah bisa. Gak perlu nunggu sampai batas akhir ya.

  2. Gmn kalo KTP kabupaten tp SIM kecamatan soalnya pindah rumah,jd KTP ganti ke kabupaten..bisa ga ke btc terus harus bwa persyaratan apa saja? Terima kasih

    1. Datangnya jangan ke BTC. Tapi ke Gerai SIM di Festival Citylink atau ke mobil SIM Keliling Online, Teh. Nanti SIM disesuaikan dengan KTP yang baru. Syarat2 sama saja, hanya perlu bawa eKTP asli + fotokopi yang masih berlaku, SIM asli + fotokopi yang masih berlaku, dan uang.

      Lancar2 ya, Teh perpanjang SIM nya…

        1. Di Festival Citylink, Gerai SIM ada di Lantai 2, kalau datang dari arah pintu depan, ada di pojok kanan belakang.

          Tempat pemeriksaan kesehatan sudah ada di setiap tempat perpanjangan SIM, termasuk di Festival Citylink.

          Semoga lancar perpanjangan SIM nya ya, Kang… Wilujeng tepang taun.

    1. Di Festival Citylink buka setiap hari Senin sampai Minggu, mulai dari jam 10 sampai jam 3 sore.

      Semoga lancar ya, Teh… Wilujeng tepang taun.

  3. Kalau sim saya yg mau habis kota bandung trs mau perpanjang tp ktp saya sudah pindah ke kabupaten, apa bisa perpanjang di BTC atau harus ke gerai online?
    Terimakasih

    1. Kalau KTPnya yang sekarang Kabupaten, datangnya ke Gerai / SIM Keliling Online ya Kang.

      Semoga lancar perpanjang SIMnya. Wilujeng tepang taun…

  4. Teh orin , kalo tempat cek kesehatan masih belum buka tapi udah pada antri , ini ga ada kita ambil nomer antrian dulu ya?

    1. Waktu saya ke BTC bulan Februari sih gak ada nomor antrian. Orang2 yang datang duluan sudah langsung duduk saja di kursi tunggu. Nanti antrian geser dikit2 kalau sudah masuk ke ruang pemeriksaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *